Kesehatan Saluran Cerna Penting untuk jaga Kekebalan Tubuh

Kesehatan Saluran Cerna Penting untuk jaga Kekebalan Tubuh
Probiotik. Foto: wecare

jpnn.com, JAKARTA - Dokter spesialis penyakit dalam Dr Ika Devi menjelaskan kesehatan saluran cerna sangatlah penting untuk menjaga kekebalan tubuh, karena saluran cerna manusia mengandung 80 persen sel imunitas tubuh.

Dengan kata lain, jika kesehatan saluran cerna terjaga, maka sistem imun tubuh pun akan semakin kuat.

Sebaliknya, kesehatan saluran cerna yang kurang baik bisa menyebabkan sistem imun tubuh bekerja kurang optimal dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Dr. Ika lanjut menjelaskan saluran cerna kita berkontribusi dalam menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh lewat beberapa mekanisme.

Mekanisme pertama yaitu pertahanan mekanis, di mana lapisan mukosa saluran cerna, terutama di usus, berfungsi sebagai barier atau penghalang yang mencegah patogen (kuman, bakteri, dan virus) masuk ke dalam aliran darah dan jaringan tubuh.

Sel mukosa ini membentuk semacam lapisan pelindung sehingga mempersulit patogen untuk menembus dan masuk lebih dalam.

Asam dari lambung juga berperan sebagai pertahanan kimia yang membunuh atau menghambat pertumbuhan banyak mikroorganisme patogen yang masuk melalui makanan atau minuman.

Selain pertahanan mekanis dan kimia, saluran cerna juga memiliki pertahanan imunologis melalui mikrobiota usus. Mikrobiota usus adalah komunitas mikroorganisme yang hidup di dalam saluran pencernaan kita.

Kesehatan saluran cerna memiliki hubungan erat dengan kekebalan tubuh Anda. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News