Keseruan Kontes Anjing Perkin Jaya 2023, dari Kecantikan sampai Ketahanan

Keseruan Kontes Anjing Perkin Jaya 2023, dari Kecantikan sampai Ketahanan
Kontes anjing Perkin Jaya 2023 di Bogor. Foto: Perkin Jaya

jpnn.com - BOGOR - Perkumpulan Kinologi Indonesia atau Perkin Jaya menggelar kontes anjing Perkin Jaya All Breed Dog Show 2023 di Jeep Station Indonesia (JSI) Resort, Bogor, 16-17 September.

Anjing yang mengikuti kontes ini adalah keturunan dari anjing yang populer di Indonesia dan luar negeri. Ukurannya beragam, ada yang besar, sedang, dan kecil.

Anjing-anjing itu kepunyaan peserta kompetisi yang datang dari Jakarta, Bogor, Bandung, Surabaya, dan lainnya.

"Acara ini rutin setiap tahun. Pesertanya hanya trah-trah yang diakui Federasi Internasional Kinologi, melalui perwakilannya di Indonesia, yaitu Perkin," kata Ketua Umum Perkin Jaya Danar Faisal Herlambang dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN Sabtu malam.

Keseruan Kontes Anjing Perkin Jaya 2023, dari Kecantikan sampai KetahananFoto: Perkin Jaya

Salah satu kontes yang dipertandingkan adalah kecantikan. Bak kontes kecantikan pada manusia, juri juga menilai sikap dan kepintaran anjing.

"Kontes untuk kecantikan, itu yang ikut ada anjing-anjing seperti Siberian Husky, Corgi, Border Collie, Bichon Frise, Jack-Russell Terrier, dan masih banyak lagi," ujar Danar, atau akrab disapa Oboy.

“Potongan bulu anjing juga sangat penting. Selain mebuat anjing menjadi lebih cantik dan juga dapat membuat bulu anjing lebih sehat dan kuat, karena bulu-bulu matinya terangkat. Jadi, ada grooming competition dan penilaiannya itu seperti kerapian, ketelitian, dan kreativitas."

Kontes anjing Perkin Jaya 2023 di Bogor ini juga menilai para pemiliknya sebagai perawat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News