Kesuksesan Siniar Warga Australia di Dunia

Kesuksesan Siniar Warga Australia di Dunia
Kesuksesan Siniar Warga Australia di Dunia

30 September diperingati sebagai adalah Hari Siniar, atau Podcast, Sedunia. Inilah sejumlah nama jurnalis dan produser Australia yang bekerja dengan beberapa penyedia siniar terbesar di dunia.

Beberapa produser radio asal Australia telah melakukan siaran pertama mereka di 500 stasiun radio di dunia, meraup sekitar 2,2 juta pendengar, dengan lebih dari 2,5 juta orang lainnya mengunduh siniar tersebut.

Salah satunya adalah cerita pertama dari Luke Malone, yang disiarkan di This American Life, salah satu program radio dan siniar terpopuler di dunia.

Kesuksesan Siniar Warga Australia di Dunia
Cerita audio pertama dari Luke Malone disiarkan This American Life.

Foto: Koleksi Stevie Lane

"Saya rasa semua ini karena waktu yang tepat dan keberuntungan. Banyak teman saya [yang bekerja di media] merasa terganggu," katanya.

Luke, yang sudah bertahun-tahun menjadi jurnalis di media cetak, sedang menyelesaikan gelar masternya di New York saat mengemukakan gagasan untuk mengadaptasi tesisnya soal pedofilia menjadi sebuah cerita di radio.

"Saya sangat bersemangat dengan jumlah dan kualitas pendengar This American Life, dimana cerita saya menjangkau pendengar dalam jumlah besar."

Hasilnya, ia mendapat tawaran pekerjaan dari Gimlet Media, sebuah perusahaan siniar yang didirikan oleh Alex Blumberg, mantan produser This American Life and Planet Money. Sebuah peningkatan karier yang tidak ia sangka sebelumnya dan saat itu ia tidak merasa siap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News