Rabu, 20 Februari 2019 – 20:22 WIB

Kesulitan Menelan Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Perut, Waspada!

Selasa, 12 Februari 2019 – 16:13 WIB
Kesulitan Menelan Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Perut, Waspada! - JPNN.COM

jpnn.com - Kanker perut (gastric adenocarcinoma) atau juga dikenal dengan kanker lambung merupakan salah satu kanker yang paling menyakitkan.

Namun, bagi banyak penderita, rasa sakit bukanlah tanda peringatan dini dari penyakit ini. Bahkan, pada tahap awal, kanker perut tidak menyebabkan gejala sama sekali.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai gejala kanker perut, simak ulasannya berikut ini.

1. Pendarahan

"Sementara, ya, ini bisa menjadi tanda kanker perut, itu juga terkait dengan banyak kondisi lain yang tidak terkait kanker," kata Allyson Ocean, M.D., seorang ahli onkologi gastrointestinal di Weill Cornell Medicine dan New York Presbyterian, seperti dilansir laman MSN, Senin (11/2).

Jika kanker perut, darah yang keluar kemungkinan terkait dengan peradangan yang disebabkan oleh kanker, dan cenderung muncul pada tahap yang lebih lanjut dari penyakit, meskipun itu juga bisa muncul lebih awal.

2. Perut sakit sepanjang waktu

Ocean mengatakan bahwa ketika pasien mengeluh sakit perut, mereka biasanya berbicara tentang nyeri epigastrium, yang mengacu pada area tepat di bawah bagian bawah tulang rusuk Anda. Rasa sakit di lokasi itu bisa disebabkan oleh pertumbuhan massa kanker di suatu tempat di perut Anda, meskipun bisa juga disebabkan oleh lusinan hal lainnya, seperti gangguan pencernaan, diverticulitis dan bahkan batu ginjal.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar