JPNN.com

Ketahui 12 Penyebab Kencing Terasa Sakit

Rabu, 23 Januari 2019 – 04:53 WIB
Ketahui 12 Penyebab Kencing Terasa Sakit - JPNN.com

jpnn.com - Buang air kecil (BAK) alias kencing seharusnya memberikan rasa lega, karena Anda baru saja membuang zat-zat sisa yang ada di dalam tubuh. Namun pada beberapa orang, kencing bisa terasa sangat menyakitkan sehingga berkesan memberikan siksaan.

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, kencing yang terasa sakit tak boleh disepelekan begitu saja. Pasalnya, keadaan tersebut dapat menjadi pertanda akan adanya suatu kondisi yang berbahaya, seperti:

1. Infeksi saluran kemih

Rasa sakit ketika buang air kecil merupakan keluhan yang umum ditemui pada kasus infeksi saluran kemih. Keadaan ini biasanya terjadi akibat adanya bakteri jahat yang masuk dan mengacaukan saluran kemih manusia.

2. Infeksi ginjal

Infeksi saluran kemih yang dibiarkan bisa menyebabkan bakteri “berenang” hingga mencapai ginjal. Bila ini terjadi, ginjal akan mengalami infeksi sehingga rasa sakit yang terjadi ketika berkemih juga akan semakin parah. Selain itu, penderita juga bisa mengalami keluhan demam, kedinginan, mual, muntah, dan kencing yang berwarna gelap, berdarah atau berbau tidak sedap.

3. Sindrom kandung kemih yang menyakitkan

Disebut dengan cystitis interstitial, keadaan ini adalah ketika dinding kandung kemih mengalami iritasi. Sebagai akibatnya, kandung kemih akan membengkak dan sensitif. Perut serta panggul juga akan terasa sakit.

Sumber KLikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...