Ketahui Bahaya Infeksi Virus Corona pada Ibu Hamil

Ketahui Bahaya Infeksi Virus Corona pada Ibu Hamil
Ibu hamil alias bumil. Foto: Alamy

jpnn.com - Siapa pun bisa terinfeksi virus corona. Namun, beberapa kelompok diketahui lebih rentan.

Kelompok itu adalah mereka yang berusia lanjut, mengalami penyakit kronis, atau memiliki daya tahan tubuh relatif turun lebih rentan terinfeksi.

Salah satu yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah ibu hamil. Lantas, seberapa bahayakah infeksi coronavirus pada ibu hamil?

Bahaya infeksi coronavirus pada kehamilan
 
Sampai saat ini, belum ada laporan yang menyebutkan adanya ibu hamil yang terinfeksi virus corona.

Akan tetapi, ibu hamil tetap harus waspada karena virus ini bisa jadi menginfeksi, sama seperti pada kasus SARS dan MERS yang lalu.

Studi kasus yang dilakukan terhadap pasien hamil yang terinfeksi SARS pada 2004 menunjukkan bahwa infeksi coronavirus dalam hal ini SARS saat hamil bisa menyebabkan keguguran pada kehamilan trimester pertama.

Bila terjadi pada trimester kedua atau ketiga, virus corona dapat menyebabkan kematian janin dan ancaman kelahiran prematur.

Belum jelas bagaimana mekanisme infeksi virus corona dapat menimbulkan komplikasi tersebut. Akan tetapi, kemungkinannya adalah gangguan pernapasan pada ibu hamil yang terinfeksi coronavirus bisa menurunkan pasokan oksigen pada janin.

Salah satu yang termasuk ke dalam kelompok mudah terinfeksi virus corona adalah ibu hamil. Lantas, seberapa bahayakah infeksi coronavirus pada ibu hamil?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News