Jangan Bosan, Simak Tips Ini untuk Menghindari Virus Berbahaya seperti Corona

Jangan Bosan, Simak Tips Ini untuk Menghindari Virus Berbahaya seperti Corona
Kampanye Pencegahan 'Corona Virus' terus dilakukan jajaran Kementerian Kesehatan. Foto: Antara

jpnn.com, MANADO - Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Utara dr Debie KR Kalalo MSc PH menyebutkan ada beberapa hal yang bisa dilakukan masyarakat agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Dia juga meminta masyarakat tidak panik menghadapi berbagai informasi yang beredar terkait virus corona.

"Kami tetap berharap masyarakat jangan panik. Apabila ada informasi meresahkan segera menghubungi dinas kesehatan provinsi maupun kabupaten dan kota," ajak Kalalo.

Masyarakat, sebut dia, diimbau tetap waspada terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernapas sehingga sesegera mungkin mencari pertolongan ke pelayanan kesehatan rumah sakit terdekat.

Beberapa saran kesehatan, sebut dia, di antaranya melakukan kebersihan tangan rutin terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serta setelah memegang instalasi publik.

Selanjutnya, mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas, cuci dengan air kemudian keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai.

"Jika ada fasilitas cuci tangan dapat menggunakan alkohol 70-80 persen handrub," ujarnya.

Masyarakat juga disarankan menutup mulut dan hidung dengan tisu ketika bersin dan batuk, sementara ketika memiliki gejala gangguan saluran pernafasan, gunakanlah masker dan segera berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

Seorang penerjemah maskapai Lion Air diisolasi ke RSUP Prof Kandou Manado karena mengalami pilek tetapi dinyatakan negatif virus corona

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News