Cegah Penularan Virus di Indonesia, Ini yang Dilakukan MPR sebagai Rumah Rakyat dan Garda Terdepan

Cegah Penularan Virus di Indonesia, Ini yang Dilakukan MPR sebagai Rumah Rakyat dan Garda Terdepan
Kit kesehatan dibagikan kepada seluruh tamu undangan dalam Sidang Tahunan MPR RI 2022 pada Selasa (16/8) untuk mencegah penularan virus Covid-19. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan salah satu lembaga tinggi negara yang menjadi rumah rakyat dalam menjalankan negara bersama Presiden.

Saat ini MPR merupakan badan yang menaungi dua lembaga perwakilan rakyat yakni DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) dan DPD (Dewan Perwakilan Daerah).

Pidato kenegaraan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat sidang tahun MPR mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Jokowi pada Selasa, 16 Agustus 2022, menjadi tonggak rasa syukur seluruh elemen kenegaraan yang berhasil mengatasi penularan virus yang telah berjalan selama dua tahun lebih.

“Rasa syukur yang mendalam juga patut kita persembahkan. Setelah lebih dari dua tahun dilanda penularan virus, berkat kerja keras Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa, kita dapat mengatasi pandemi secara baik,” kata Bambang Soesatyo dalam pengantar pidato tahunannya.

Bambang menyampaikan rasa syukurnya, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi tidak hanya bisa bertahan dari penularan virus tapi juga dari resesi ekonomi. Wabah yang mengakibatkan jatuhnya korban dari berbagai lapisan masyarakat termasuk para dokter yang berjuang di garda paling depan.

MPR sebagai lembaga negara, bahkan pernah menjadi lembaga tertinggi negara sebelum UUD 1945 diamandemen, dan pemilihan presiden diubah menjadi dipilih langsung oleh rakyat, ikut juga menerapkan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh pemerintah.

Pembagian kit kesehatan bagi para anggota MPR, pejabat negara dan kabinet, serta tamu undangan dan media yang meliput menjadi salah satu langkah pencegahan dari tertular dari beragam virus yang masuk ke Indonesia.

Gedung MPR sebagai rumah rakyat menerapkan aturan yang sangat ketat bagi pengunjung yang akan memasuki gedung ini, baik anggota MPR, petugas yang melayani, awak media, dan masyarakat yang memiliki kepentingan untuk mengadukan aspirasinya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyatakan pihaknya ikut mencegah penularan virus di Indonesia dengan jurus ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News