Ketahuilah, Ini Manfaat Minyak Mustard untuk Kesehatan

Ketahuilah, Ini Manfaat Minyak Mustard untuk Kesehatan
Bahan ramuan minyak Mustard. ILUSTRASI. Foto: India Times

jpnn.com, JAKARTA - Minyak mustard memiliki berbagai kegunaan. Salah satunya adalah memberikan manfaat besar bagi jantung.

Minyak mustard yang memiliki rasa pedas, mengandung sekitar 60 persen asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA), 21 persen lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan sekitar 12 persen lemak jenuh.

Minyak mustard juga dapat digunakan untuk memijat tubuh. Minyak ini juga digunakan sebagai obat untuk penyakit perut dan kulit (infeksi jamur).

Minyak mustard juga memiliki tingkat vitamin E yang tinggi yang membantu kulit melawan perubahan radikal pada tubuh akibat polusi.

" Tingkat tinggi MUFA dan PUFA yang juga disebut dengan lemak baik mampu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik," kata peneliti Reeti Kapoor, seperti dilansir laman India Times, Selasa (20/6)

Selanjutnya, minyak ini juga terdiri dari enam persen asam lemak omega-3 (N-3) dan 15 persen omega-6 (n-6) dua asam lemak esensial dalam rasio ideal yakni 1: 2 yang memberikan keuntungan besar bagi jantung karena bisa menyeimbangkan kadar kolesterol.

Hal ini pada gilirannya, mampu mengurangi trigliserida atau kadar lemak darah dan membantu menjaga kesehatan jantung.

Minyak yang ramah harus bebas kolesterol dan trans-lemak, rendah lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal serta lemak tak jenuh ganda dan harus memiliki rasio asam N6 sampai N3 yang ideal dan minyak mustard memenuhi kriteria ini.

Minyak mustard memiliki berbagai kegunaan. Salah satunya adalah memberikan manfaat besar bagi jantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News