Ketahuilah, Suplemen Diet Juga Bisa Bahayakan Ginjal Anda

Ketahuilah, Suplemen Diet Juga Bisa Bahayakan Ginjal Anda
Ilustrasi suplemen untuk tubuh. Foto: vanhoadoanhnghiepvn

jpnn.com - Suplemen kesehatan mungkin menjanjikan kesehatan yang baik untuk Anda, tetapi dalam kenyataannya, mereka bisa datang dengan risiko kesehatan, termasuk kerusakan ginjal.

Tubuh manusia adalah hal yang sangat luar biasa. Tubuh manusia memiliki sekitar 37 triliun sel, semuanya bekerja secara harmonis untuk mendorong mesin-mesin besar bipedal ini bekerja. Sementara itu, organ-organ kita dibangun secara cerdas untuk menangani pengangkatan yang berat.

Contohnya ginjal. Kedua organ berbentuk kacang yang hidup di bawah dari tulang rusuk ini memfilter sekitar setengah cangkir darah setiap menit, mengeluarkan kotoran dan ekstra air.

Tetapi bagian dari cinta dan perhatian itu berarti tidak membebani mereka dengan membanjiri tubuh dengan hal-hal yang merusak.

"Semua yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda diperhatikan oleh ginjal Anda. Mereka memproses dan menyaring. Dan jika mereka tidak 100 persen sehat atau Anda berisiko untuk mengalami kondisi ginjal, hasilnya bisa menjadi bencana besar," kata penulis studi, S. Adam Ramin, M.D., seperti dilansir laman Care2, Kamis (27/12).

Beberapa herbal yang ditemukan dalam suplemen makanan tertentu secara klinis dikaitkan dengan kerusakan ginjal, bahkan pada orang yang memiliki fungsi ginjal yang 'sehat'. Dan bukan hanya ginjal yang berisiko. Ramin menunjukkan bahwa suplemen juga bisa menyebabkan reaksi negatif terhadap obat atau suplemen lain yang mungkin telah Anda konsumsi.

"Sebagai contoh, suplemen tertentu bisa menyebabkan masalah medis pada orang yang telah mengonsumsi diuretik atau obat ACE inhibitor untuk pengobatan penyakit jantung," jelas Ramin.

Menurut Consumer Reports, laporan 2013 dari Government Accountability Office (GAO) mengungkapkan bahwa dalam empat tahun antara 2008 hingga 2011, FDA menerima 6.307 laporan masalah kesehatan dari suplemen makanan, termasuk 92 kematian, ratusan kondisi yang mengancam jiwa dan lebih dari 1.000 luka serius atau penyakit.

Suplemen kesehatan mungkin menjanjikan kesehatan yang baik untuk Anda, tetapi dalam kenyataannya, mereka bisa memberi risiko pada kesehatan ginjal,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News