Ketegasan TNI Bikin Menhan Australia Sedih Sekali

Ketegasan TNI Bikin Menhan Australia Sedih Sekali
Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JPNN.Com - Keputusan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menghentikan kerja sama militer dengan Australia membuat Marise Payne selaku menteri pertahanan di Negeri Kanguru itu terpukul. Payne bahkan tak bisa menyembunyikan kesedihannya.

Adalah Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu yang mengatakan hal itu. Ryamizard telah berbicara dengan Payne pasca-keputusan TNI menghentikan seluruh kerja sama dengan Australian Defence Force (ADF).

"Dia (Marise Payne, red) kan perempuan, biasanya gembira, tapi ini sedih, menyesal sekali. Saya omong kok dia jadi sedih, artinya dia menyesali," ujar Ryamizard di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (5/1).

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat itu menambahkan, dirinya pagi tadi menerima surat dari Payne. Isinya juga permohonan maaf.

"Menyesali terjadi insiden tersebut, dan sekali lagi bukan mencerminkan kebijakan pertahanan dan angkatan bersenjata Australia (menghina ideologi bangsa)," katanya.

Kendati demikian Ryamizard menegaskan, permintaan maaf itu tak serta-merta membuat kerja sama TNI dengan ADF langsung dilanjutkan. Sebab, katanya, harus ada investigas atas insiden yang terjadi.(cr2/JPG)


JPNN.Com - Keputusan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menghentikan kerja sama militer dengan Australia membuat Marise Payne selaku menteri pertahanan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News