Minggu, 17 Desember 2017 – 22:44 WIB

Ketika Merumuskan Proklamasi, Siapa yang Menyiapkan Makan Sahur Bung Karno cs?

Jumat, 09 Juni 2017 – 22:28 WIB
Ketika Merumuskan Proklamasi, Siapa yang Menyiapkan Makan Sahur Bung Karno cs? - JPNN.COM

PEREMPUAN. Nyonya Satsuki Mishima. Dialah yang menyiapkan santap sahur untuk para perumus naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Buat Bung Karno dan kawan-kawan.

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Soekarno, Hatta dan kawan-kawan baru saja merampungkan teks naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Dini hari. 17 Agustus 1945.

"Waktu itu bulan puasa. Sebelum pulang saya masih dapat makan sahur di rumah Admiral Maeda," kenang Bung Hatta, termuat dalam Sekitar Proklamasi.

Shigetada Nishijima, tangan kanan Laksamana Maeda, dalam sebuah wawancara dengan Basyral Hamidy Harahap menceritakan, bahwa yang menyediakan makan sahur bagi Bung Karno dan Bung Hatta adalah Satsuki Mishima.

Untuk mengonfirmasi kebenaran cerita itu, Nishijima memberikan kontak dan alamatnya. "Nyonya Satsuki Mishima, alamat 1-28-16, Bukomotomachi, Amagasaki-shi, telepon 064-31-2509," kata Nishijima, termuat dalam Jejak Intel Jepang.

Dua kali Basyral Hamidy Harahap mewawancara Nishijima. Pertama di kediaman Ny. Adam Malik, Jl. Diponegoro No. 29 Jakarta Pusat, pada November 1990. Kedua di Meguro-ku Tokyo, 10 Oktober 2000.

Siapa Satsuki Mishima?

SHARES
loading...
loading...
Komentar