Ketua Baznas Sebut Amil Menyelamatkan Manusia dan Kemanusiaan

Ketua Baznas Sebut Amil Menyelamatkan Manusia dan Kemanusiaan
Ketua Baznas Prof. Noor Achmad. Foto: Humas Baznas

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Prof. Noor Achmad mengapresiasi peran Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (Lazis) Assalam Fil Alamin (ASFA) yang berkontribusi melawan kemiskinan dan kebodohan secara nyata.

Adapun Laziz ASFA menyalurkan lebih dari Rp 60 miliar dana zakat kepada para mustahik, melalui pendekatan program; pendidikan, kemanusiaan, ekonomi, kesehatan dan sosial dakwah. Dana tersebut disalurkan sejak Oktober 2022 hingga Juli 2023.

"Peran Lazis ASFA selama ini sangat menggembirakan, dan Baznas sangat salut, bangga, dan mengapresiasi," ujar Noor Achmad, dalam keterangannya, Sabtu (26/8).

Dia menambahkan bahwa amil adalah orang yang menyelamatkan manusia dan kemanusiaan. Di Indonesia terdapat 36 juta penduduk Indonesia yang miskin, 4.5 jutanya adalah miskin ekstrem.

"Ini menjadi tantangan bagi seluruh lembaga amil zakat untuk ikut serta mengentaskannya dari kemiskinan," tuturnya.

Dia meminta agar tasarruf benar-benar tepat sasaran, dengan berpegang teguh pada prinsip kaidah 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI.

Ke depan, kata dia, harus dipetakan dan dikoordinasikan bersama antara Baznas dengan seluruh lembaga amil zakat dalam pemetaan dan distribusi zakat.

"Hal demikian agar lebih merata dan tepat sasaran serta membawa dampak yang lebih cepat dan sangat positif bagi para mustahik," katanya.

Ketua Baznas mengatakan bahwa amil adalah orang yang menyelamatkan manusia dan kemanusiaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News