Ketua BKSAP DPR Fadli Zon: KTT ASEAN Harus Berdampak Nyata Bagi Myanmar

Ketua BKSAP DPR Fadli Zon: KTT ASEAN Harus Berdampak Nyata Bagi Myanmar
Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretariat Organisasi Kawasan Asia Tenggara (ASEAN) mengumumkan gelaran ASEAN Leaders 'Meeting atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) dijadwalkan pada Sabtu (24/4) di Sekretariat ASEAN di Jakarta.

Komunitas global menyoroti KTT ASEAN tersebut. Sebab, isu kudeta Myanmar akan menjadi topik pembahasan KTT.

Di luar itu, informasi rencana partisipasi Panglima Junta Militer Jenderal Min Aung Hlaing di KTT ikut memantik reaksi keras banyak pihak terutama para pegiat demokrasi dan HAM.  

Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat (BKSAP DPR) Fadli Zon menyambut baik KTT ASEAN, kendati dia menilai even itu terlambat.

Sebab, dia mengaku tak lama setelah kudeta Myanmar terjadi, sudah meminta ASEAN agar segera langkah konkret atas permasalahan tersebut.

"Myanmar adalah anggota ASEAN. Jangan sampai ASEAN dinilai tak relevan lagi oleh dunia. Meskipun terlambat, KTT krusial dan layak diapresiasi untuk masa depan Myanmar yang lebih baik," kata Fadli dalam siaran persnya, Jumat (23/4).

Mantan wakil ketua DPR itu mengingatkan agar outcome document KTT ASEAN berdampak nyata bagi situasi di Myanmar.

“KTT jangan sekadar formalitas dan seremonial," tegasnya.

Ketua BKSAP DPR Fadli Zon merespons rencana kehadiran Panglima Junta Militer Jenderal Min Aung Hlaing dalam KTT ASEAN di Jakarta. Fadli memahami penolakan berbagai kalangan terhadap rencana partisipasi Min Aung Hlaing di KTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News