Ketua DPD Ingatkan Pemerintah Soal Masalah Pulau Untung Jawa, Ada Apa?

Ketua DPD Ingatkan Pemerintah Soal Masalah Pulau Untung Jawa, Ada Apa?
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah segera mengatasi masalah yang membahayakan di Pulau Untung Jawa. Foto: Humas DPD RI.

jpnn.com, JAKARTA - Limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) mencemari Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta, sejak beberapa waktu terakhir.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah segera mengatasi pencemaran yang membahayakan lingkungan tersebut.

Senator asal Jawa Timur itu menegaskan limbah B3 berupa oil spill tersebut akan mendatangkan banyak kerugian.

"Bukan hanya merugikan lingkungan, limbah oil spill yang dilaporkan sudah mencemari Pulau Untung Jawa juga mengancam keberlangsungan hidup masyarakat dan pariwisata," tuturnya, Rabu (28/4).

Bahkan, Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu mengingatkan jika pencemaran limbah di Pulau Untung Jawa sudah cukup serius.

"Harus dicek apa yang sebenarnya terjadi. Jika memang ada unsur kesengajaan atau keteledoran, artinya sudah ada pelanggaran hukum. Jika dibiarkan, pelaku akan merasa pembuangan limbah berbahaya tidak menjadi masalah," tuturnya.

LaNyalla pun menyoroti aksi warga yang membersihkan limbah B3 dari perairan di sekitar Pulau Untung Jawa. Selain untuk membersihkan kawasan pulau, limbah yang dikumpulkan bisa dijual kepada Pertamina.

"Sebenarnya apa yang dilakukan warga baik. Namun hal tersebut tidak akan menyelesaikan inti dan pokok permasalahan yang sebenarnya, karena pembuangan limbah sangat merugikan dan mengancam ekosistem," sebutnya.

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah segera mengatasi masalah yang membahayakan di Pulau Untung Jawa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News