Ketua DPD RI Berharap Media Digital Digunakan dengan Bijaksana

Ketua DPD RI Berharap Media Digital Digunakan dengan Bijaksana
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD RI.

jpnn.com, SURABAYA - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti memberikan dukungan terhadap peluncuran empat modul literasi digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Keempat modul tersebut adalah Budaya Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital, serta Cakap Bermedia Digital.

LaNyalla berharap peluncuran empat modul literasi digital ini bisa membuat generasi milenial memanfaatkan media digital dengan bijaksana.

"Literasi digital itu sangat penting, apalagi teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat dibutuhkan. Ke depan, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang terampil dan cakap di media digital yang tentunya menguasai literasi digital," tutur LaNyalla, Senin (19/4) di Surabaya, Jatim.

Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur ini menilai Indonesia menghadapi gap yang sangat jauh terkait kecakapan literasi media digital. "Itulah mengapa kita memerlukan pendidikan media digital yang masif,” katanya.

Senator asal Jatim ini menambahkan selain garapan yang diluncurkan oleh Kemenkominfo melalui empat modul literasi digital, komunikasi digital perlu masuk pada kurikulum muatan lokal di tingkat sekolah mulai sekolah dasar apabila memungkinkan.

“Tujuannya, agar anak-anak milenial akrab dengan keetisan komunikasi digital dan tidak salah kaprah menggunakan teknologi," harap LaNyalla.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu menambahkan hal ini selaras dengan informasi bahwa Indonesia membutuhkan sembilan juta talenta digital dalam 15 tahun atau rata-rata 600.000 setiap tahunnya.

LaNyalla mengatakan Indonesia memerlukan percepatan dalam berinovasi pada pemenuhan talenta digital ini terutama dalam artificial intelligence, machine learning, cloud computing, cybersecurity, digital entrepreneurship, digital communication.

LaNyalla berharap peluncuran empat modul literasi digital bisa membuat generasi milenial memanfaatkan media digital dengan bijaksana.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News