Ketua DPD Singgung Peran Tokoh Sumbar Pertahankan Kemerdekaan

Ketua DPD Singgung Peran Tokoh Sumbar Pertahankan Kemerdekaan
Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD.

jpnn.com, PADANG - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyinggung peran tokoh Sumatera Barat (Sumbar) dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia melalui pembentukan kabinet darurat yang diprakarsai Mr. Sjafruddin Prawiranegara.

LaNyalla mengungkap itu dalam orasi "Peran Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dalam Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia" dalam acara Wisuda ke-121 Universitas Negeri Padang (UNP), Sumbar, Sabtu (19/12).

Menurut LaNyalla, Wisuda ke-121 UNP  ini bertepatan dengan peringatan Hari Bela Negara. Yakni peringatan deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumbar, 19 Desember 1948, setelah militer Belanda melancarkan agresi kedua dan menangkapi para pemimpin republik, termasuk Soerkarno-Hatta.

“PDRI menjadi penyelenggara pemerintahan RI sementara melalui Kabinet Darurat yang dipimpin oleh Sjafruddin Prawiranegara," kata LaNyalla di depan para wisudawan UNP.

Senator dari Jawa Timur (Jatim) itu menegaskan bahwa PDRI memiliki peran penting dalam mempertahankan kemerdekaan.

"PDRI yang berpusat di Bukittinggi, Sumatera Barat, punya peran penting dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkap dia.

Dalam orasi itu, LaNyalla juga berharap kepada Rektor UNP Prof Ganefri dapat mendorong alumnus untuk kembali ke daerahnya masing-masing, dengan fokus membangun wilayah asalnya. 

“Setelah menimba ilmu sebanyak-banyaknya, maka setiap alumnus diharapkan dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah dengan kembali dan membangun daerah masing-masing. Karena kunci keutuhan NKRI adalah kesejahteraan dan kemakmuran,” ucap LaNyalla.

PDRI yang berpusat di Bukittinggi, Sumatera Barat, punya peran penting dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News