Ketua DPR: Capaian Ekonomi Indonesia Luar Biasa

Ketua DPR: Capaian Ekonomi Indonesia Luar Biasa
Setya Novanto. Foto: Hendra Eka/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Kerja keras pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam memperluas lapangan pekerjaan mendapatkan respon positif dari dunia internasional.

Hal itu terbukti dengan laporan Bank Dunia tentang Ease of Doing Business (EODB) 2018 atau Kemudahan Berusaha, menempatkan Indonesia di posisi ke-72, naik 19 peringkat dari posisi sebelumnya.

"Saya telah membaca laporannya. Capaian Indonesia luar biasa. Kita merupakan salah satu dari 10 reformer teratas dunia," jelas Ketua DPR RI Setya Novanto dalam keterangan persnya, Kamis (2/11).

"Selama dua tahun berturut-turut, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Indonesia melakukan tujuh reformasi seperti penurunan biaya memulai usaha, mengurangi biaya sambungan dan sertifikasi kabel internal, peningkatan akses perkreditan, dan memperbaiki sistem penagihan elektronik. Semua ini dilakukan untuk memperbaiki iklim usaha di Indonesia,” lanjutnya.

Novanto mengapresiasi laporan Bank Dunia tersebut. Ini menunjukan kecepatan Indonesia dalam memperbaiki iklim usaha.

Dia senang posisi Indonesia yang berada di peringkat ke-72 jauh lebih baik dari beberapa posisi negara tetangga di ASEAN, seperti Filipina (113), Kamboja (135), Laos (141), dan Myanmar (171).

Di tingkat negara G-20, Indonesia mengungguli China (78), Afrika Selatan (82), Arab Saudi (92), India (100), Argentina (117), dan Brazil (125).

"Laporan ini sekaligus menunjukan perekonomian Indonesia selalu on the track dan kita semakin optimis memasuki tahun 2018. Fundamental ekonomi makro kita juga terus meningkat, karena DPR selalu mendorong dan bekerjasama dengan pemerintah untuk menerapkan reformasi struktural. Kita terus meningkatkan belanja modal, pembangunan infrastruktur dan penguatan sumber daya manusia,” jelasnya.

Novanto juga berharap momentum reformasi perbaikan iklim usaha ini tetap bisa dijaga dengan baik, seiring dengan terjaganya stabilitas politik dan keamanan.

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, laporan terbaru Bank Dunia membuktikan bahwa Indonesia bergerak cepat dalam memperbaiki iklim usaha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News