Ketua DPR: HUT Kemerdekaan, Waspada Pada Ancaman Virus Ini

Ketua DPR: HUT Kemerdekaan, Waspada Pada Ancaman Virus Ini
Ketua DPR Setya Novanto saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos dan JPNN di Graha Pena Jakarta, Selasa (16/5). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Setya Novanto memberikan refleksi khusus jelang usia ke-72 tahun, HUT Kemerdekaan RI.

Menurutnya, kemerdekaan, seperti yang dikatakan Bung Karno, adalah "Jembatan Emas" bagi bangsa Indonesia meninggalkan gelapnya penjajahan menuju kehidupan yang penuh cahaya harapan.

"Bung Karno juga berpesan, perjuangan yang kita hadapi dalam mengisi kemerdekaan bisa lebih sulit, karena akan menghadapi bangsa sendiri. Realitanya, kini kita menghadapi ancaman disintegrasi bangsa yang begitu nyata," ujar Novanto.

Selain itu, tegas Novanto, masyarakat harus waspada terhadap pihak yang sibuk menularkan virus apatisme, sinisme, dan skeptisisme.

Termasuk menghindari fitnah dan hoaks di berbagai media sosial.

"Keberagaman yang merupakan rahmat dari Tuhan YME, malah digunakan untuk memunculkan sukuisme yang sempit, pertentangan agama maupun kepicikan wawasan. Sikap seperti ini harus kita hilangkan karena bisa menghasut dan memecah belah anak bangsa, merusak hakikat kemerdekaan, persatuan dan kesatuan bangsa yang sudah dengan susah payah kita dapatkan," tegasnya.

Sejarah menunjukan, Bangsa Indonesia adalah bangsa yang gigih merakit dan meledakan semangat perjuangan, bangsa yang dikenal dengan budi pekerti, keramahan, dan keberadabannya.

"Sikap inilah yang harus kita lestarikan. Kita tentu tidak ingin mewariskan perpecahan kepada generasi bangsa," imbuhnya.

Ketua DPR Setya Novanto memberikan refleksi khusus jelang usia ke-72 tahun, HUT Kemerdekaan RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News