Ketua DPR Minta BI Rate Bisa Turun Lagi

Ketua DPR Minta BI Rate Bisa Turun Lagi
Ketua DPR Minta BI Rate Bisa Turun Lagi
JAKARTA - Meski Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga BI (BI Rates) dari 9,5 menjadi 9,25, namun DPR menilai hal itu belum cukup. Ketua DPR RI Agung Laksono menyatakan, BI perlu kembali menurunkan BI rates sebagai sinyal positif bagi inveetor sekaligus untuk merangsang tumbuhnya sektor riil dan menekan risiko gagal bayar kredit perumahan.

"Melalui penurunan BI rate dengan angka reasonable, diharapkan suku bunga akan turun sehingga sektor riil dapat bergerak kembali," ujar Agung Laksono pada pidato penutupan masa sidang DPR RI, Jumat (19/12).

Meski demikian Agung juga mengakui, krisis keuangan global memang telah berimbas langsung ke sektor-sektor yang terkait bunga kredit seperti kredit kepemilikan rumah. Dalam beberapa bulan terakhir ini, kata Agung, bunga KPR terus bergerak naik hingga menyentuh angka 17-18%.

"Dewan mengkhawatirkan kondisi ini. Jelas akan sangat menyulitkan bagi para debitor untuk mengembalikan KPR, bahkan bisa terjadi risiko gagal bayar," ulasnya.

JAKARTA - Meski Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga BI (BI Rates) dari 9,5 menjadi 9,25, namun DPR menilai hal itu belum cukup. Ketua DPR

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News