Ketua DPR Yakin Kondisi Politik Stabil

Ketua DPR Yakin Kondisi Politik Stabil
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Humas DPR for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai memasuki tahun keempat pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, situasi ekonomi, sosial, politik dan keamanan relatif stabil, meskipun memiliki banyak tantangan. 

Menurut Bambang, menuju akhir 2018, dinamika politik di dalam negeri memang cenderung semakin memanas. Ada sejumlah gerakan atau aksi yang membuat sebagian masyarakat tidak nyaman. Kondusivitas sejumlah daerah sempat terganggu akibat manuver politik. 

"Pimpinan DPR memastikan bahwa stabilitas negara sangat kondusif, baik di pengujung tahun ini maupun sepanjang 2019 mendatang," kata Bambang melakukan refleksi akhir tahun, Kamis (27/12). 

Bambang mengatakan, bersama TNI dan Polri, pemerintah serta DPR juga memastikan bahwa penyelenggaraan Pemilu 2019 akan berlangsung aman dan damai.  Pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden tetap akan menjadi pesta demokrasi sekaligus ruang bagi semua komponen masyarakat melaksanakan kedaulatannya.

"Aktivitas pemerintah dan DPR yang tetap fokus pada tugas-tugas kenegaraan maupun kegiatan pembangunan menjadi bukti bahwa Indonesia sangat stabil dan kondusif," paparnya.

Legislator Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu meyakini bahwa seluruh elemen masyarakat di semua daerah pun tetap menjalankan aktivitas masing-masing sebagaimana biasanya. Stabilitas keamanan dan kondusivitas negara terwujud karena TNI, Polri dan semua unsur penegak hukum tetap mengelola aspek keamanan dan ketertiban umum sebagaimana seharusnya.

Menurut Bamsoet, ada upaya mengeskalasi tensi politik dengan sejumlah gerakan, pernyataan provokatif hingga penghinaan kepada Presiden Joko Widodo.

"Namun, segala sesuatunya bisa dikelola sebagaimana mestinya oleh aparat keamanan dan maupun penegak hukum," katanya.

Aktivitas pemerintah dan DPR yang tetap fokus pada tugas-tugas kenegaraan maupun kegiatan pembangunan menjadi bukti bahwa Indonesia sangat stabil dan kondusif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News