Ketua IKATRI: Kalau Suruh Milih, Mending Normal Aja Deh

Ketua IKATRI: Kalau Suruh Milih, Mending Normal Aja Deh
Ketua IKATRI DPRD Provinsi Sumsel Ayu Nur Suri Giri Kiemas dan Pembina Yayasan Al Muysarofah Sari Widyawati Andreas Lacony sedang menyampaikan materi dalam Seminar Kupas Tuntas seputar Kehamilan dan Menyusui, Rabu (19/4/2017). FOTO: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Menjaga kesehatan kehamilan dan menyusui pada wanita penting untuk diketahui bersama. Pasalnya, edukasi tersebut masih tergolong rendah di kalangan masyarakat luas. Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua IKATRI DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Ayu Nur Suri Giri Kiemas dalam Seminar Kupas Tuntas seputar kehamilan dan menyusui, Rabu (19/4/2017) di OPI Hotel Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

“Saya sangat antusias dan mendukung kegiatan seperti ini karena akan sedikit bahkan bisa banyak menambah informasi kita seputar kehamilan dan pasca melahirkan. Ya melalui kegiatan seperti ini mungkin ibu-ibu bahkan calon ibu bisa bertukar pikiran dengan masalah yang ada,” ujar Ayu yang juga sebagai Istri dari Ketua DPRD Provinsi Sumatera Selatan itu.

Ia juga menjelaskan bahwa kehamilan dan menyusui merupakan momen yang sangat berharga bagi setiap ibu. Sayangnya banyak ibu yang belum memahami secara tepat bahwa pemenuhan gizi pada masa kehamilan akan menentukan kualitas kesehatan buah hati di masa depan.

“Anak saya sudah tiga, saya juga sudah merasakan semua kelahiran secara normal maupun caesar. Kalau boleh saya memilih, saya akan memilih kelahiran secara normal saja. Karena apa?ya kalau melahirkan normal sakitnya diawal saja setelah itu enggak. Sedangkan kalau Caesar enak sih enak tapi penyembuhan atau pemulihannya lama sekali,” katanya.

Sekadar informasi kegiatan seminar dengan tema Kupas Tuntas seputar kehamilan dan menyusui ini diadakan oleh Yayasan Al Musyarofah Kabupaten Pali. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 orang yang terbagi dari ibu-ibu masyarakat umum dan mahasiswi Kebidanan dari perguruan tinggi yang ada di Kota Palembang.

Adapun narasumber seminar yakni dr Ratih SPOG dan dr Yudianita Kesuma SpA(K) MKes. Keduanya memaparkan mengenai manfaat ASI, bayi sangat dianjurkan dan diharuskan untuk pemberian ASI Eksklusif dari 0-6 bulan.

Para ibu juga wajib mengetahui ciri-ciri bayi yang cukup dalam pemberian ASI yakni Bayi langsung tidur karena ASI mengandung hormone endorphin, buang air kecil lebih dari enam kali sehari dengan warna yang tidak pekat dan tidak bau menyengat, bayi akan melepas sendiri mulutnya dari payudara sang ibu jika sudah puas. Selain itu, berat badan akan naik dari 500 gram - 1 kg perbulan pada trisemester pertama dan lainnya. Sedangkan pada saat hamil, cakupan gizi sang ibu juga harus terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Dalam kesempatan itu, peserta seminar terlihat sangat antusias dengan diadakan seminar ini. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya sharing yang dilakukan oleh peserta kepada narasumber dan kepada Ketua IKATRI DPRD Provinsi Sumatera Selatan.

Menjaga kesehatan kehamilan dan menyusui pada wanita penting untuk diketahui bersama. Pasalnya, edukasi tersebut masih tergolong rendah di kalangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News