Ketua KPSN: PSSI Tidak Sadar Telah Dikerdilkan FIFA

Ketua KPSN: PSSI Tidak Sadar Telah Dikerdilkan FIFA
Ilustrasi PSSI. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono mengatakan, jumlah penonton sepak bola Indonesia merupakan yang terbesar kedua di dunia.

“Melihat sepak bola dunia sudah menjadi industri raksasa, lalu apa yang telah diberikan FIFA untuk perkembangan sepak bola Indonesia? Selama ini kita telah dikerdilkan atau dibonsai oleh FIFA," ujar Suhendra di Jakarta, Kamis (5/9).

Suhendra melihat indikasi pengerdilan sepak bola Indonesia oleh FIFA tersebut merupakan kegagalan fatal diplomasi yang dilakukan para petinggi PSSI selama ini.

BACA JUGA: Seabad Muallimin, Ketua KPSN Serahkan Bantuan 100 Bola

Suhendra menduga penyebab hal itu setidaknya ada dua hal. Pertama, para petinggi PSSI merasa inferior dalam tata pergaulan persepakbolaan internasional sehingga tidak berani menaikkan bargaining position (posisi tawar) Indonesia di depan FIFA.

Ketua KPSN: PSSI Tidak Sadar Telah Dikerdilkan FIFA

Kedua, ada kesengajaan dari pengurus PSSI agar mereka bisa mengeruk keuntungan pribadi dengan melakukan kongkalikong dengan pejabat FIFA.

Dia menambahkan, selama ini banyak yang menilai FIFA organisasi absolut, tidak pernah salah, dan tak tersentuh.

Ketua Komite Perubahan Sepak Bola Nasional (KPSN) Suhendra Hadikuntono mengatakan, jumlah penonton sepak bola Indonesia merupakan yang terbesar kedua di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News