Ketua KPU Depok Dilaporkan 'Main Mata'

Ketua KPU Depok Dilaporkan 'Main Mata'
Ketua KPU Depok Dilaporkan 'Main Mata'
JAKARTA--Sekretaris Bawaslu Gunawan Suswantoro menyebut ada pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Depok pada 16 Oktober 2010. Bahkan sebelum pelaksanaan Pilkada, telah ada laporan yang menyebutkan ketua KPU Depok ada main mata dengan salah satu calon walikota.

"Laporan itu diterima Panwasda Depok, bahwa sebelum pilkada digelar, ketua KPUD ketemu salah satu calon walikota di Hotel Grand Indonesia. Masalahnya setelah ditanyakan pada Ketua KPUD, yang bersangkutan dengan mudahnya berkelit karena panwasda tidak punya bukti kuat," kata Gunawan dalam RDP dengan Komisi II DPR RI, di Senayan, Jakarta, Kamis (21/10).

Kejadian ini, lanjutnya, tidak akan terjadi bila Panwasda dibekali kemampuan melakukan investigasi dan fokus mendalami laporan kemudian meneruskan ke polisi. "Semestinya panwasdanya meminta kamera CCTV Grand Indonesia untuk membuktikan ada tidaknya pertemuan. Kalau hanya omongan, bisa dibantah pelaku," ucapnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa terjadi lagi, Bawaslu akan bekerja sama dengan Polri. Kerja sama yang dilakukan pada 2011 ini diharapkan bisa memberikan kemampuan plus seorang panwas dalam melakukan pengawasan pilkada. "Kecurangan banyak tapi karena bukti kurang, akhirnya pelaku bisa tenang-tenang saja," pungkasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Sekretaris Bawaslu Gunawan Suswantoro menyebut ada pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Depok pada 16 Oktober 2010. Bahkan sebelum pelaksanaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News