Ketua MA Tantang ICW

Buka Borok Hakim Calon Pengganti Arsyad

Ketua MA Tantang ICW
Ketua MA Tantang ICW
JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Tumpa mengatakan munculnya nama Anwar Usman dan Irfan Fachruddin sebagai calon pengganti Arsyad Sanusi sebagai hakim konstitusi sudah dipertimbangkan. Bukan hanya didasarkan pada latar belakang pendidikan tetapi yang paling utama adalah jejak hakim.

“Tentu salah satunya pendidikan, keduanya Doktor (Anwar dan Irfan), pengalamanya menjadi hakim panjang dan selama ini tidak ada sama sekali track record-nya jelek,” kata Harifin kepada wartawan usai menghadiri seminar di Hotel Milenium, Jakarta, Kamis (10/3).

Harifin menjelaskan untuk menentukan satu dari dua nama calon hakim konstitusi, pihaknya akan melakukan tes wawancara yang dilakukan secara tertutup. "Kami akan memanggil keduanya untuk wawancara," katanya.

Sebelumnya, ICW bersama dengan koalisi LSM lainnya mendesak MA mengulang proses pemilihan hakim konstitusi yang dicalonkan dari lembaga peradilan itu. Pemilihan dua orang calon hakim konstitusi dari MA, Kepala Badan Litbang Diklat Kumdil MA Anwar Usman dan Hakim Tinggi PT TUN Medan Irfan Fachruddin tidaklah transparan.

JAKARTA - Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Tumpa mengatakan munculnya nama Anwar Usman dan Irfan Fachruddin sebagai calon pengganti Arsyad Sanusi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News