Ketua MK Sudah Biasa Begadang

Ketua MK Sudah Biasa Begadang
Ketua MK Anwar Usman. Foto: ivoox

jpnn.com - Para hakim konstitusi dalam beberapa waktu ke depan lebih banyak daripada biasanya seiring dimulainya sidang perselisihan hasil pemilu. Bagi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, yang terpenting adalah mengatur waktu dan menjaga kondisi badan.

Untuk urusan itu, Anwar punya satu kebiasaan. Yakni, menuntaskan semua pekerjaan sebelum pulang ke rumah. Tidak jarang jam kerjanya lebih panjang dari jam kerja normal. Dia rela pulang malam demi menuntaskan pekerjaan hari itu.

’’Saya dari dulu prinsipnya, daripada berkas itu nginap di meja saya, lebih baik saya yang nginap,’’ ujarnya belum lama ini.

Kebiasaan tersebut berjalan sejak dia bertugas di Mahkamah Agung sebagai asisten hakim agung. Karena itu, bukan hal aneh bila Anwar keluar saat gedung MK sudah sepi. Petugas keamanan di MK pun sudah hafal kebiasaan hakim kelahiran Bima, NTB, itu. Kali terakhir dia pulang larut pada 1 Juni lalu.

Jam tidur yang bisa jadi berbeda dari masyarakat umum bukan masalah baginya. ’’Saya memang terbiasa begadang,’’ lanjut hakim 62 tahun itu. Dia siap bila harus melaksanakan sidang maraton sampai malam, bahkan dini hari. (byu/c17/fal)


Bagi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, yang terpenting adalah mengatur waktu dan menjaga kondisi badan.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News