JPNN.com

Ketua MPR Ajak Pemerintah dan Masyarakat Bahu Membahu Atasi Bencana Alam

Minggu, 17 Januari 2021 – 13:03 WIB
Ketua MPR Ajak Pemerintah dan Masyarakat Bahu Membahu Atasi Bencana Alam - JPNN.com
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Foto: Humas MPR.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesaatyo menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa yang mendalam atas sejumlah musibah bencana alam di tanah air yang menyebabkan timbulnya korban jiwa dan kerugian materiil.

Bamsoet, panggilan akrabnya, berharap pemerintah dan seluruh elemen masyarakat bahu membahu membantu para korban serta mengatasi bencana yang terjadi.

"Tahun 2021 baru memasuki pertengahan bulan Januari, namun sudah banyak terjadi bencana alam di Indonesia. Untuk itu, saya mengimbau agar kita semua tetap waspada," kata Bamsoet di Jakarta, Minggu (17/1).

Menurut dia, berdasar data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), ada 136 bencana alam terjadi di Indonesia sepanjang periode 1-16 Januari 2021.

"Dari 136 bencana alam itu, sudah merenggut setidaknya 80 korban jiwa dan 858 orang luka-luka," ujar Bamsoet.

Ketua ke-20 DPR RI ini menuturkan bencana alam terbanyak yang terjadi adalah banjir sebanyak 95, tanah longsor 25, puting beliung 12, gempa bumi dua, dan gelombang pasang dua kejadian.

Akibat ratusan bencana alam itu, sebanyak 405.584 orang terdampak dan mengungsi.

Belum lagi dua bencana besar berupa banjir di Kalimantan Selatan yang mengakibatkan setidaknya lima orang meninggal dan 112 ribu orang mengungsi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...