Ketua MPR Bambang Soesatyo Dorong Pengusaha Korsel Tingkatkan Investasi di Indonesia

Ketua MPR Bambang Soesatyo Dorong Pengusaha Korsel Tingkatkan Investasi di Indonesia
Ketua MPR Bambang Soesatyo (empat dari kiri) saat bertemu dengan sejumlah pengusaha Korsel di Seoul, Sabtu (7/5). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, SEOUL - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong investor asal Korea Selatan (Korsel) meningkatkan investasinya di Indonesia.

Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa Bamsoet saat bertemu dengan para pengusaha nasional Korsel di acara jamuan makan malam di Samcheonggak, yaitu sebuah rumah makan tradisional Korea terkenal yang berada di daerah Seongbuk-dong, Seoul, Korsel.

Dalam pertemuan hadir di antaranya CEO Pax Global Group Michael Souceo, CEO Daewoo Oil and Gas Daegon Kim, dan Ketua Daewoo Global Management Institute Byung-Ju Chang.

Meski kedatangan Bamsoet di negeri Gingseng bukan kunjungan resmi, namun langkah ini merupakan bagian dari diplomasi kuliner, menghormati sajian khas tradisional negara yang dikunjungi sembari membicarakan berbagai prospek hubungan kerja sama ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya yang bisa dibangun oleh Indonesia dan Korsel.

"Ada beberapa hal yang kami bahas, di antaranya investasi di pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur, eksplorasi minyak dan gas di berbagai wilayah Indonesia, hingga kerja sama biomedis yang kini sedang menjadi tren investasi menjanjikan dunia," ujar Bamsoet seusai makan malam dengan berbagai tokoh ekonomi Korea didampingi Wakil Duta Besar RI untuk Korsel Zelda Wulan di Seoul, Sabtu (7/5) malam.

Ketua DPR RI ke-20 itu juga menyampaikan berbagai pertemuan dengan tokoh ekonomi Korsel juga bagian dari upaya memperbaiki neraca perdagangan Indonesia dengan Korsel agar tidak terus menerus mengalami defisit.

Dia mencontohkan pada tahun lalu total nilai perdagangan Indonesia dengan Korsel tercatat sebesar USD 18,47 miliar, ekspor Indonesia ke Korsel sebesar USD 8,98 miliar.

Sementara itu, nilai impor Indonesia dari Korsel USD 9,42 miliar, sehingga defisit pada Indonesia mencapai USD 446,7 juta.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong pengusaha Korsel meningkatkan investasinya di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News