Ketua MPR Bambang Soesatyo Lepas Ekspor Buah Manggis ke Tiongkok

Ketua MPR Bambang Soesatyo Lepas Ekspor Buah Manggis ke Tiongkok
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet melepas ekspor perdana dua ton buah manggis ke Tiongkok.Foto: Humas MPR.

jpnn.com, BALI - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet melepas ekspor perdana dua ton buah manggis ke Tiongkok.

Buah tersebut diproduksi para petani manggis binaan Dewan Pimpinan Daerah Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depidar SOKSI) Bali.

Keberhasilan ekspor tersebut merupakan bagian dari Gerakan SOKSI Membangun. Setiap pengurus Depidar SOKSI membina para petani maupun pelaku usaha UMKM untuk menembus pasar ekspor.

"Targetnya, satu kecamatan di setiap daerah bisa melahirkan minimal satu produk unggulan. Baik di bidang pertanian, kerajinan tangan, fashion, dan lain sebagainya, yang bisa menjadi kekuatan ekonomi Indonesia," ujar Bamsoet usai melepas ekspor manggis, di Bali, Minggu (31/1).

Menurut dia, target tersebut sangat realistis, karena pengurus SOKSI dari tingkat pusat hingga daerah banyak diisi pejabat pemerintahan maupun wakil rakyat dari tingkat DPR RI, provinsi, hingga kabupaten/kota.

Ketua ke-20 DPR RI ini menekankan, daya tarik buah manggis tidak sekadar dari rasanya yang manis dan kaya serat, melainkan juga beragam manfaatnya bagi kesehatan.

Antara lain sebagai sumber antioksidan, memiliki sifat antiperadangan, efek anti-kanker, membantu penurunan berat badan, mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Kemudian, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu menjaga kesehatan kulit, menyehatkan jantung, mendukung kesehatan pencernaan, dan mengatur tekanan darah.

Ketua MPR Bambang Soesatyo melepas ekspor dua ton manggis ke Tiongkok, hasil produksi para petani binaan Depidar SOKSI Bali. Banyak manfaat manggis untuk kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News