Ketua MPR: Boleh Beda Kandidat, Merah Putih Kita Sama

Ketua MPR: Boleh Beda Kandidat, Merah Putih Kita Sama
Wakil Ketua MPR RI Mahyudin dalam diskusi ‘Bicara Buku Bersama Wakil Rakyat’ membahas buku berjudul ‘Pengantin Pesanan’ karya Mya Ye, di Senayan, Jakarta, Kamis (15/11/2018). Foto: Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Suasana menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dirasakan semakin panas. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan mengimbau kepada tim sukses, kandidat, tokoh-tokoh untuk menjaga persatuan.

Menurut dia, Indonesia sudah memilih demokrasi sebagai jalan untuk memilih pemimpin. “Tapi ingat, pilpres ini cara kita berdemokrasi untuk apa sih? Untuk bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Jadi, untuk bersatu, bukan untuk pecah belah,” kata Zulkifli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/11).

Zulkifli mengatakan, pilpres adalah sesuatu yang biasa dan diadakan setiap lima tahun sekali. Pilpres merupakan kompetisi untuk memilih yang terbaik di antara sesama anak bangsa.

Karena itu, semuanya harus menjaga situasi, persatuan dan kesatuan. Jangan sampai gara-gara pilpres anak bangsa jadi terpecah belah.

“Ini kompetisi antarkita. Pak Jokowi, Pak Prabowo, sahabat kita, kader terbaik Indonesia. Kita bukan melawan Belanda, dan sekali lagi ini bukan mau perang. Ini memilih yang terbaik di antara yang terbaik dari keduanya,” katanya.

Zulkifli mengutuk kejadian pembunuhan di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, karena perbedaan sikap dalam mendukung calon presiden (capres). Dia menegaskan bahwa pada pendiri bangsa ini pasti menangis kalau melihat masyarakat bersengketa, berkelahi gara-gara peristiwa politik yang setiap lima tahun diadakan.

“Jangan sampai itu terjadi. Sekali lagi memilih antara kedua itu, siapa saja, adalah saudara kita. Saya mengimbau, mengajak, meminta kepada seluruh kita ayo jaga persatuan,” kata Zulkifli yang juga ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), itu.

Dia juga mengimbau jangan ada yang memanasi atau mengompor-ngompori situasi politik. Zulkifli menegaskan meski berbeda pilihan tetaplah sesama anak bangsa.

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, pilpres adalah sesuatu yang biasa dan diadakan setiap lima tahun sekali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News