Ketua MPR Dorong Pemindahan Ibu Kota

Jakarta Butuh Solusi Luar Biasa

Ketua MPR Dorong Pemindahan Ibu Kota
Ketua MPR Dorong Pemindahan Ibu Kota
JAKARTA - Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menyatakan bahwa pemerintah sudah saatnya mulai berpikir tentang pemindahan ibu kota negara. Pasalnya, banjir yang melanda berbagai wilayah Jakarta selama beberapa hari ini justru semakin menambah daftar masalah di Ibu Kota.

Menurut Taufiq, mengatasi banjir di Jakarta tak bisa hanya dengan pola konvensional. Karenanya, diperlukan terobosan strategis yang bisa menjadi solusi jitu dalam mengatasi persoalan di DKI.

"Saya kurang optimis jika berbagai permasalahan kota Jakarta bakal bisa diatasi dengan baik jika penanganannya hanya bersifat konvensional. Diperlukan langkah-langkah strategis dan fundamental untuk mengatasinya, salah satunya dengan mempertimbangkan kembali secara sungguh-sungguh opsi memindahkan ibu kota negara ke daerah lain," kata Taufiq di Jakarta, Kamis (17/1).

Hanya saya politisi senior PDI Perjuangan itu mengingatkan agar lokasi calon ibu kota negara harus benar-benar memenuhi syarat geografis, geopolitik maupun sosio-ekonomi. Menurutnya, Bung Karno memang pernah menyebut Palangkaraya di Kalimantan Tengah sebagai daerah yang ideal untuk ibu kota negara dan pemerintahan.

JAKARTA - Ketua MPR RI Taufiq Kiemas menyatakan bahwa pemerintah sudah saatnya mulai berpikir tentang pemindahan ibu kota negara. Pasalnya, banjir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News