Ketua MPR: Jangan Semua Diukur Pakai Uang

Ketua MPR: Jangan Semua Diukur Pakai Uang
Ketua MPR Zulkifli Hasan di sela-sela Sosialisasi 4 Pilar kepada Badan Koordinasi Mubalog Indonesia (Bakomubin) di gedung MPR, Selasa (26/9). Foto: Boy/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, jangan semua hal termasuk dalam memilih kepala daerah ukurannya adalah uang.

Menurut Zulkifli, kalau semuanya diukur dengan uang makan akan berpotensi memunculkan pemimpin-pemimpin yang korupsi.

"Masa dalam dua minggu ini banyak wali kota kena OTT (operasi tangkap tangan) KPK. Coba bayangkan dua minggu ini berapa orang? Belum DPRD, wali kota dan lainnya. Habis kita," kata Zulkifli Hasan di sela-sela sosialisasi 4 Pilar kepada Badan Koordinasi Mubalog Indonesia (Bakomubin) di gedung MPR, Selasa (26/9).

Karena itu, Zulkifli mengatakan, penting untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat termasuk Bakomubin supaya dengan sistem pemilihan langsung sekarang ini, tidak semuanya harus diukur dengan uang.

“Kami perlu memberikan pengetahuan kepada masyarakat nilai ke-Indonesiaan agar tidak semua diukur pakai uang," ujarnya.

Menurut dia, masyarakat harus diberikan pendidikan. Masyarakat merupakan pemegang kedaulatan tertinggi. Seorang pemimpin ketika berkuasa janganlah sampai rakyat itu ditukar dan diukur dengan uang. "Ketika sudah jadi (pemimpin) lalu mau cari uang, ya kena OTT," tegasnya.

Dia pun mengatakan, rakyat juga tidak boleh merasa utang budi karena ketika memilih diberikan uang. Menurut Zul, rakyat harus memilih pemimpin yang terbaik, membawa perubahan, amanat, dan bisa memberikan kemajuan.

“Jangan memilih karena nasi kotak, uang, dan sebagainya. Kalau ada yang memberi, ambil saja. Tapi tetap memilih sesuai dengan akal sehat," kata ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu.(boy/jpnn)


Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, jangan semua hal termasuk dalam memilih kepala daerah ukurannya adalah uang


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News