Ketua MPR Puji Misi Perdamaian Presiden Jokowi

Ketua MPR Puji Misi Perdamaian Presiden Jokowi
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat membuka secara resmi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD RI Tahun 2022 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (16/8) Foto: Tangkapan layar video pada kanal MPR RI di YouTube.

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo memuji misi perdamaian dunia yang dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan mengunjungi Ukraina dan Rusia, dua negara yang tengah berperang, pada Juni 2022 lalu. 

Sosok yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan bahwa kenegarawanan Presiden Jokowi kembali ditunjukkan melalui pelaksanaan salah satu tujuan pembentukan pemerintah negara Indonesia, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. 

"Misi perdamaian presiden, dengan mengunjungi Ukraina dan Rusia beberapa waktu lalu patut kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya," kata Bambang saat berpidato di Sidang Tahunan MPR, Selasa (16/8). 

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) itu juga menyatakan bahwa perang dengan alasan apa pun selalu membawa petaka, kehancuran, dan kesengsaraan.

"Menghancurkan peradaban yang telah dibangun berabad-abad lamanya. Membawa krisis kemanusiaan, krisis ekonomi, krisis pangan, dan krisis energi," ungkapnya. 

Lebih lanjut mantan ketua DPR itu mengatakan saat ini kondisi global kian tidak menentu. 

Semua negara sedang berupaya keras memulihkan ekonominya pasca-pandemi Covid-19. 

Namun, lanjut dia, fase ini terganggu oleh dinamika global, seperti konflik Rusia-Ukraina, perang dagang dan teknologi antara Amerika Serikat dan China, ketegangan di Selat Taiwan, serta disrupsi rantai pasok.

Ketua MPR Bambang Soesatyo memuji misi perdamaian Presiden Jokowi yang mengunjungi Ukraina dan Rusia beberapa waktu lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News