Ketua Parlemen Rusia Ingin Bertemu, Bamsoet Merespons Begini

Ketua Parlemen Rusia Ingin Bertemu, Bamsoet Merespons Begini
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia H.E. Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva di rumah dinas ketua MPR RI, Jakarta, Senin (26/9). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyambut baik keinginan Ketua Parlemen Rusia H.E Mrs. V.I. Matvienko untuk bertemu dirinya selaku pimpinan MPR RI pada Kamis (6/10) di Gedung MPR RI. 

H.E Mrs. V.I. Matvienko sekaligus menghadiri Parliamentary Speaker's Summit (P20) pada 5-7 Oktober sebagai bagian dari kepemimpinan Indonesia dalam G20.

"Pertemuan ini sangat penting untuk membahas berbagai isu yang terjadi di dunia, termasuk peningkatan hubungan Indonesia dan Rusia, antara lain, mendorong perdamaian Rusia-Ukraina, peningkatan hubungan diplomatik antarparlemen Rusia-Indonesia," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Hal itu dikatakannya seusai menerima Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia H.E. Mrs. Lyudmila Georgievna Vorobieva di rumah dinas ketua MPR RI, Jakarta, Senin (26/9).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan sikap Indonesia tetap mengedepankan politik bebas aktif soal perang Rusia-Ukraina

Indonesia meminta Rusia menghentikan serangannya ke Ukraina. Indonesia tidak memihak Ukraina, tetapi atas dasar kemanusiaan dan menolak perang. 

Walaupun mendukung resolusi, sikap Indonesia tetap mendorong adanya penegakan HAM di wilayah konflik dan penyelesaian melalui dialog dan diplomasi.

"Dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada 7 April 2022 mengenai pembekuan Rusia dari keanggotaan Dewan HAM, delegasi Indonesia memutuskan abstain,’’ ungkapnya. 

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet merespons niat Ketua Parlemen Rusia yang ingin bertemu di Gedung MPR RI Awal Oktober 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News