JPNN.com

Ketum PSSI Dijabat Jenderal Polisi, Bagaimana di Negara-negara Tetangga?

Selasa, 05 November 2019 – 16:25 WIB
Ketum PSSI Dijabat Jenderal Polisi, Bagaimana di Negara-negara Tetangga? - JPNN.com
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule terpilih sebagai Ketum PSSI 2019-2023. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Terpilihnya Komjen Mochamad Iriawan alias Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 membuat Indonesia memiliki pimpinan asosiasi sepak bola yang latar belakang profesinya mirip dengan Ketum FAT Thailand. FAT semacam PSSI.

Ketum FAT Thailand Somyot Poompunmuang punya latar belakang profesi sebagai polisi.

Hasilnya bagaiman? Somyot Poompunmuang gagal membawa Timnas Thailand berprestasi. Contoh kecilnya di ajang Piala AFC U-23, meski berhasil ke putaran final, mereka gugur di fase penyisihan grup.

Kemudian, di level U-23, keberhasilan di Asian Games 2014 sebagai peringkat keempat, tak berulang di 2018.

Di level senior, Thailand hanya bisa juara AFF 2016, dengan materi yang sebagian besar tim Asian Games 2014 atau tim yang telah lama terbentuk. Selebihnya, Somyot minim prestasi.

Sementara itu, pesaing Indonesia lainnya seperti Malaysia dan Vietnam, memilih dipimpin oleh sosok yang memang memiliki latar belakang bidang olahraga.

Malaysia misalnya, dipimpin oleh Dato Hamidin Mohd Amin, mantan Sekjen FAM, semacam PSSI. Dia merupakan sosok yang awalnya bekerja di bank, sampai jadi pengurus futsal dan masuk ke FAM dan serius menjalani jabatannya itu.

Dia kemudian menjadi orang non-kerajaan atau pemerintah pertama yang berhasil menjadi Ketua Umum FAM. Hasilnya, sederet prestasi didapatkan oleh FAM.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo