KH Chriswanto: Para Elite Politik Harus Menampakkan Moralitas dan Adab

KH Chriswanto: Para Elite Politik Harus Menampakkan Moralitas dan Adab
Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto. Foto: LDII

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto mengatakan politik bukan hanya persoalan bagaimana para pelakunya meraih kekuasaan, yang digunakan untuk menyejahterakan rakyat.

Namun, proses untuk duduk di kursi kekuasaan pada jenjang apa pun, harus menampakkan moralitas ataupun adab.

“Generasi muda pada umumnya apatis dengan politik. Padahal politik merupakan pondasi penting dalam menyusun kebijakan dalam berbangsa dan bernegara,” ujar KH Chriswanto.

Dia mengatakan ketidakpedulian generasi muda terhadap dunia politik, karena melihat prilaku elite politik yang dipertontokan di media massa dan media sosial.

“Mereka menganggap politik itu jahat. Padahal secara filosofis politik berasal dari kata zon politicon, bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri,” paparnya.

Politik menurut KH Chriswanto membawa tugas luhur, yakni upaya agar manusia dengan berbagai jalan hidup dapat dipersatukan kepentingannya dalam sebuah negara.

“Inilah politik dari konsep zon politicon, maka elite politik harus mampu menyatukan perbedaan untuk meraih cita-cita bersama,” tutur KH Chriswanto.

Sebaliknya, politik bakal terlihat tidak elok bila para pelakunya korup, mementingkan diri mereka sendiri, saling serang di muka umum, saling telikung, ataupun membuat citra kelompok lain buruk.

Ketua Umum DPP LDII KH Chriswanto mengatakan politik bukan hanya persoalan bagaimana para pelakunya meraih kekuasaan untuk menyejahterakan rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News