Khawatirkan Rumah Bordil, Ibu-ibu Gelar Unjuk Rasa

Khawatirkan Rumah Bordil, Ibu-ibu Gelar Unjuk Rasa
Para ibu rumah tangga warga Desa Lawangrejo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang saat berunjuk rasa menentang rencana pembangunan rumah bordil. Foto: Sulung Pamanggih/Radar Pemalang

jpnn.com, PEMALANG - Puluhan ibu rumah tangga di Desa Lawangrejo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah menggelar aksi unjuk rasa, Senin (13/11). Tuntutan mereka adalah para ibu-ibu itu adalah menolak rencana pembangunan rumah bordil yang tak jauh dari permukiman mereka.

Para ibu-ibu menggelar aksi karena cemas keberadaan rumah bordil akan mengganggu keharmonisan rumah tangga mereka. Karena itu, mereka kompak berunjuk rasa dengan berjalan kaki mendatangi lokasi yang berada persis di perlintasan rel kereta.

Di lokasi tempat rumah bordil akan dibangun memang sudah terdapat patok-patok kayu. Beberapa bagian juga sudah diratakan untuk akses jalan.

"Dampaknya pasti ke penduduk sini, anak-anak, pemuda, bapak-bapak nanti pada mampir habisin duit. Terus kita mau dikasih makan apa?" ujar Casmi, salah satu peserta aksi.

Tanpa dikomando, mereka merusak dan mencabuti patok-patok yang sudah tertanam di lokasi sekitar. Terhitung ada 30 petak tanah yang akan dibangun menjadi bangunan dengan ukuran masing-masing lebih kurang 6x7 meter.

Mereka bahkan mengancam akan merobohkan bangunan jika tetap dibangun. "Pokoknya jangan sampai berdiri bangunan, tetap kami robohkan," kata Casmi.

Kepala Desa Lawangrejo Ningsih Endaryati yang saat itu terlihat di lokasi mengatakan, rumah prostitusi Sengan dahulu memang pernah beroperasi. Namun, pada 2003 sudah digusur.

Hanya saja, kini pengelola rumah bordil di kawasan Terminal Induk Pemalang berekspansi ke wilayah Sengan. Menurut Ningsih, meski secara teritori lokalisasi Sengan masuk di wilayah Pelutan, Pemalang dengan menempati tanah milik PT KAI, namun akses terdekat yang akan kena imbas secara langsung adalah warga Lawangrejo.

Puluhan ibu rumah tangga di Desa Lawangrejo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah menggelar aksi unjuk rasa menolak rencana rumah bordil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News