Khofifah Pastikan Stok Raskin di Lebak-Pandeglang Aman

Khofifah Pastikan Stok Raskin di Lebak-Pandeglang Aman
Khofifah Indar Parawansa. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - LEBAK - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendatangi kantor Bulog Sub Divre Lebak-Pandeglang di Kecamatan Warunggunung. Kedatangan Khofifah bertujuan untuk memastikan stok pangan di Kabupaten Lebak dan Pandeglang aman, walau musim kemarau melanda sebagian wilayah di Provinsi Banten.

Khofifah langsung mengecek stok dan kualitas beras yang ada di gudang penyimpanan Bulog. Pihak Bulog memastikan bahwa ketersediaan stok beras raskin aman untuk tiga bulan ke depan, meski musim kemarau masih melanda wilayah Banten akibat dampak El Nino.

“Seminggu lalu, kami bersama pak Presiden RI Jokowi, menggelar Rapat Terbatas (Ratas) dan menghitung-hitung stok pangan di Indonesia. Waktu itu Ratas juga dihadiri Menteri Pertanian (Mentan), Kepala Bulog dan seluruh Kementrian / Lembaga terkait,” kata Khofifah, seperti dikutip dari Satelit News (Grup JPNN), Minggu (9/8).

Sesuai data di Kemensos, tambahnya, sebetulnya dapat dipastikan stok raskin aman sampai bulan Januari 2016, karena dari 1,5 juta ton stok raskin yang ada. Dalam setahun hanya butuh 2,7 juta ton raskin untuk masyarakat. Untuk mengatasi kekeringan yang mungkin akan menyebabkan gagal panen, pemerintah telah berkoordinasi dengan semua kementerian untuk menyiapkan pompa air, sumur bor, dan pembuatan embung-embung tambahan dalam waktu dekat.

Khusus tugas Kemensos, yakni ingin memastikan kekhawatiran terjadinya kemarau panjang tidak akan mempengaruhi stok raskin di seluruh Indonesia. “Dalam kondisi musim kemarau panjang ini, tentunya itu tidak akan mempengaruhi stok raskin di Indonesia. Apalagi untuk Kabupaten Lebak, bulan September nanti akan melakukan panen raya,” ujarnya. (ahmadi/mardiana/jarkasih)


LEBAK - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendatangi kantor Bulog Sub Divre Lebak-Pandeglang di Kecamatan Warunggunung. Kedatangan Khofifah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News