Khusus Dewasa! Jangan Lupa Sahur agar Kualitas Sperma Terjaga

Khusus Dewasa! Jangan Lupa Sahur agar Kualitas Sperma Terjaga
Ilustrasi proses pembuahan oleh sperma. Ilustrasi: Telegraph

jpnn.com - Puasa tak semestinya mengurangi vitalitas. Sebab, asupan makanan selama menjalani puasa memang harus tetap terjaga.

Lantas, bagaimana hubungan puasa dengan vitalitas termasuk saat di ranjang? Sahur menjadi salah satu kuncinya.

Konsultan medis dr. Juliana Pateh  menjelaskan, selama seseorang pria menunaikan ibadah sahur, maka vitalitasnya akan terjaga. Menurutnya, puasa juga tak berpengaruh besar pada sperma.

"Puasa itu kan ada makan sahur. Selama melakukan sahur, pengaruh pada sperma tak terlalu banyak karena tubuhmendapat asupan makanan,” ujarnya.

Saat ada asupan makan sahur, sambungnya, maka tubuh memiliki cadangan nutrisi di lambung. Banyak minum air putih juga baik untuk menjaga kualitas sperma.

"Kalau dihubungkan dengan hubungan suami istri, kualitas sperma itu kan banyaknya dari protein ya sumbernya. Karena itu jangan sampai lupa makan sahur," tegas Juliana.

Karenanya Juliana menyarankan pria yang berpuasa juga memperbanyak asupan protein. Kurangnya protein saat sahur juga akan memengaruhi kualitas sperma.

Namun, sahur tidak berpengaruh pada kekentalan sperma. "Kental atau encernya sperma bukan soal kualitas. Itu kaitannya seringnya ejakulasi. Kualitas sperma dapat dilihat secara mikroskopis, karena itu perbanyak asupan protein saat puasa," ungkapnya.(cr1/JPG)


Puasa tak semestinya mengurangi vitalitas. Sebab, asupan makanan selama menjalani puasa memang harus tetap terjaga.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News