Kiai Ma’ruf dan Cak Imin Bersafari Temui Santri di Jatim

Kiai Ma’ruf dan Cak Imin Bersafari Temui Santri di Jatim
Rais Aam Syuriah PBNU Kh Ma'ruf Amin (kanan) bersama KH Anwar Manshur (tengah) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar saat sarapan di Ponpes Lirboyo, Kediri, Senin (3/9). Foto: dokumentasi DPP PKB

jpnn.com, KEDIRI - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma’ruf Amin bersafari mengunjungi sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Jawa Timur, Senin (3/9). Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengawal langsung safari cawapres pendamping Joko Widodo itu.

Rencananya, Kiai Ma’ruf dan Muhaimin akan bersafari di berbagai pesantren di Jatim hingga besok (4/9). Adapun hari ini, rais aam syuriah Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) itu mengunjungi Ponpes Lirboyo di Kediri sebagai tujuan pertama dalam safarinya.

Kedatangan Kiai Ma’ruf dan Cak Imin -panggilan beken Muhaimin- di Ponpes Lirboyo disambut langsung oleh KH Anwar Manshur. Cucu pendiri Ponpes Lirboyo itu langsung mengajak Kiai Ma’ruf dan Cak Imin sarapan bareng.

Kiai Ma’ruf sempat menyampaikan kata sambutan singkat di hadapan para pengasuh dan santri Ponpes Lirboyo. Dia menyemangati para santri.

“Saya seperti kalian santri, bahwa santri dan kiai pun bisa menjadi presiden atau wakil presiden,” kata Ma’ruf.

Sedangkan Cak Imin mengatakan, safari Kiai Ma’ruf di Jatim bukan untuk berkampanye. Sebab, agendanya sebatas silaturahmi.

Selain itu, Kiai Ma’ruf sebagai sesepuh nahdiyin juga akan bertemu dengan tokoh agama lain. “Untuk acara lintas agama guna menunjukkan ke-NU-an yang sangat pluralis,” tutur Cak Imin.

Ketua PBNU (PBNU) Robikin Emhas yang ikut mengawal Kiai Ma’ruf mengatakan, ponpes yang akan menjadi tujuan safari ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu antara lain Ponpes Ploso (Kediri), Tebuireng (Jombang), Tambakberas (Jombang), Denanyar (Jombang), Rejoso (Jombang) dan Driyorejo (Gresik).

Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma’ruf Amin mulai hari ini (3/9) hingga besok (4/9) bersafari mengunjungi sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News