Kiai Ma'ruf Mengaku Biasa Berdebat di Pesantren

Kiai Ma'ruf Mengaku Biasa Berdebat di Pesantren
Cawapres Kiai Ma'ruf Amin. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin tidak melakukan persiapan khusus dalam menghadapi debat kandidat, Kamis (17/1). Menurutnya, persiapan tetap dilakukan tetapi porsinya tidak mengambil seluruh rutinitas hariannya.

"Tidak terlalu segala-galanya, tetap saja kegiatan yang lain dengan keluarga dengan yang lain. Jadi persiapan itu biasa-biasa saja," kata Ma'ruf di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/1).

Bagi Ma'ruf, debat bukan suatu hal yang baru. Menurutnya, di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU), debat adalah hal yang biasa.

Dijelaskannya, di NU ada forum Bahtsul Masail. Yakni, forum diskusi antarahli keilmuan Islam, utamanya fikih, di lingkungan pesantren.

Di forum ini, berbagai macam persoalan keagamaan yang belum ada hukumnya, dibahas secara mendalam. Ma'ruf mengatakan perbedaan antara Bahtsul Masail dengan debat Pilpres 2019 adalah materi debat.

"Jadi saya membaca beberapa yang akan didebatkan. Itu saja," kata mantan Rais Aam PBNU ini. (tan/jpnn)


Kiai Ma'ruf Amin mengaku tal lakukan persiapan khusus jelang debat kandidat besok. Menurutnya, debat bukanlah hal yang baru


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News