Kiai Ma'ruf Perlu Kerja Keras Membangkitkan Kepedulian Nahdiyin

Kiai Ma'ruf Perlu Kerja Keras Membangkitkan Kepedulian Nahdiyin
KH Ma'ruf Amin. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyarankan KH Ma’ruf Amin untuk total berkampanye dengan menyasar pemilih akar rumput nahdiyin. Hal ini disampaikannya menanggapi safari Ma'ruf di Banten dan Jawa Timur pekan ini.

“Kiai Ma’ruf harus memanfaatkan waktu tiga bulan ini untuk berkampanye door to door menyapa masyarakat, khususnya kalangan nahdliyin. Perlu usaha keras untuk meningkatkan kepedulian mereka, karena menurut survei, elektabilitas Jokowi - Ma’ruf lemah di Jawa Barat dan Banten,” kata Ujang saat dihubungi, Senin (21/1).

Menurut Ujang, dengan dorongan Mustasyar Pengurus Besar NU itu, nahdiyin bisa bergerak memaksimalkan kampanye pemenangan. Ujang menilai, upaya itu bisa menggenjot elektabilitas Jokowi - Ma'ruf secara signifikan.

Selain pendekatan akar rumput nahdiyin, kata Ujang, Ma'ruf juga perlu mengampanyekan visi-misi, utamanya program penjaminan kesejahteraan.

Seperti sempat disampaikan Ma'ruf saat debat kandidat perdana bahwa masyarakat perlu diberikan pemahaman yang tepat tentang agama tetapi mereka perlu diberi santunan.

“Kiai Ma'ruf harus melakukan pendekatan rasionalitas. Contohnya, jika mereka membutuhkan makanan, maka dalam tanda kutip, makananlah yang harus diberikan, jangan beri yang lain,” kata Ujang.

Seperti diketahui, hari ini Ma’ruf Amin memulai Safari Silaturahmi ke Banten dan akan dilanjutkan ke Jawa Timur, lalu ke Kalimantan Selatan.

Pada pagi tadi, Ma’ruf menghadiri acara Istigasah Kubro di daerah Padarincang. Setelah itu, ketua umum nonaktif Majelis Ulama Indonesia itu menghadiri deklarasi dan pelantikan pengurus DPD Banten Organisasi Barisan Nusantara (Barnus) di Serang.

Ma'ruf Amin dinilai masih perlu bekerja keras mendekati warga NU. Pasalnya, kepedulian nahdiyin masih rendah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News