Kiai Muda Dukung Ganjar Gelar Sarasehan Untuk Bangun Kemandirian Ekonomi Santri

Kiai Muda Dukung Ganjar Gelar Sarasehan Untuk Bangun Kemandirian Ekonomi Santri
Kiai Muda Jatim pendukung Ganjar Pranowo berusaha memajukan ekonomi para santri. Dok sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, GRESIK - Kiai Muda Jawa Timur (Jatim) terus berkomitmen membuat pesantren sebagai cikal bakal lahirnya UMKM. Dengan begitu, lapangan pekerjaan bisa makin terbuka.

Untuk mewujudkan hal itu, mereka menggelar Sarasehan Pesantrenpreneur Membangun Kemandirian Ekonomi Santri di Ponpes Zainal Abidin Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jumat (24/2).

Koordinator Wilayah (Korwil) Kiai Muda Jawa Timur Ali Baidlowi menyatakan pihaknya menggelar pertemuan sekaligus doa bersama agar UMKM di lingkungan ponpes dan warga bisa berkembang.

"Kami menjelaskan kepada santri dan warga sekitar pesantren bagaimana membuat UMKM dengan baik," ujar dia.

Pria yang akrab disapa Gus Ali ini mengatakan pesantrenpreneur bertujuan membangun minat para santri dan masyarakat di lingkungan pesantren agar mau berwirausaha dengan menciptakan UMKM.

“Kami membangkitkan santripreneur dan pesantrenpreneur di sini salah satunya agar santri memiliki usaha setelah lulus nanti," ujar dia.

Menurut Gus Ali, pihaknya melihat di Desa Bungah ada 25 UMKM yang eksis dan bisa menghidupi satu desa.

Contohnya, perajin peci songkok, rebana, dan beduk. Kemudian, dia mengajak para peserta sarasehan untuk bisa mengambil pelajaran mencontohnya.

Sukarelawan Kiai Muda Jatim pendukung Ganjar Pranowo menggelar sarasehan untuk membangun kemandirian para santri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News