Kiai Said Aqil Sebut Anies-Muhaimin Contoh Pemimpin Berilmu

Kiai Said Aqil Sebut Anies-Muhaimin Contoh Pemimpin Berilmu
KH Said Aqil Siradj saat bersama Capres-Cawapres RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menghadiri Haul KH Bisri Syansuri di Jombang, Jawa Timur, Jumat malam (12/1/2024). Foto: Timnas AMIN

jpnn.com, JOMBANG - Mantan Ketua Umum PBNU Prof. KH Said Aqil Siradj sempat menyinggung jasa kakek Capres RI Anies Baswedan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Hal itu disampaikan Kiai Said ketika bersama Anies dan Cawapres RI Muhaimin Iskandar menghadiri Haul ke-45 KH. M. Bisri Syansuri, Nyai Hj. Nur Khodijah Hasbullah ke-71, Masyayikh dan Dzuriyat serta peringatan Harlah ke-109 Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar di Jombang, Jumat (12/1.

"Kakek beliau AR Baswedan keliling ke Palestina, ke Mesir berjasa besar untuk menyambungkan kemerdekaan Indonesia dan menjadi pahlawan nasional," ujar Kiai Said.

Pada kesempatan itu, Kiai Said juga meminta para santri jangan memilih pemimpin yang tidak berilmu.

"Pilih pemimpin yang berilmu. Hancur negara bila dipimpin oleh orang yang tidak berilmu. Pemimpin tidak boleh rakus, tamak. Pak Anies dan Muhaimin akan menjadi contoh sebagai pemimpin yang secukupnya," ujar Kiai Said.

Menurutnya, seorang pemimpin itu harus berani menyatakan sikap yang benar, termasuk memiliki keberanian untuk memberantas korupsi.

"Pemimpin juga harus sehat fisik dan mentalnya. Pilih sesuai hati nurani dan saya harapkan aparat, polisi, TNI, dari presiden sampai RT harus netral," ujarnya.

Pada haul itu Anies Baswedan duduk di depan panggung dengan diapit oleh Kiai Said Aqil dan KH. Marzuki Mustamar.

Mantan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyebut Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Anies-Muhaimin contoh pemimpin berilmu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News