Tip dari dr Reisa tentang Kiat Aman dan Nyaman di Masa Libur Panjang

Tip dari dr Reisa tentang Kiat Aman dan Nyaman di Masa Libur Panjang
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Reisa Broto Asmoro. Foto: Humas BNPB

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro memberikan kiat mengisi libur panjang pada akhir bulan ini secara aman dan nyaman. Reisa menyampaikan hal itu untuk menanggulangi potensi penularan virus Covid-19.

Menurut Reisa, staycation (stay vacation) atau berlibur di rumah saja bisa jadi pilihan terbaik karena paling aman dan masyarakat dapat mengendalikan lingkungan tempat tinggal masing-masing. Selain itu, staycation juga bisa melibatkan seluruh anggota keluarga.

Dokter yang juga model itu mengatakan, staycation bisa dijadikan kesempatan menjalankan protokol kesehatan keluarga yang telah disusun Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Rumah dibersihkan dan di-disinfeksi secara rutin. Pastikan peredaran udara segar dan lancar dengan membuka ventilasi atau jendela, biarkan sinar matahari masuk," kata Reisa saat menggelar konferensi pers virtual di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (23/10).

Reisa menambahkan, liburan di rumah tidak kalah seru dibandingkan pelesiran. Sebab, banyak hal yang bisa dilakukan, termasuk tur virtual ke tempat-tempat wisata seperti museum dan sejenisnya.

Kemajuan teknologi informasi juga memungkinkan masyarakat memanfaatkan internet untuk menonton konser musik, film atau membuat permainan seru bersama anggota keluarga, bahkan berolahraga bersama.

"Nah, untuk olahraga ini, kami sudah pernah menyampaikan pedoman dari Kementerian Pemuda dan Olahraga opsi melakukan olahraga di rumah sebagai opsi terbaik. Yoga misalnya, senam atau mempraktekkan tips stretching dan angkat beban," lanjut Reisa.

Namun bila masyarakat memutuskan untuk berolahraga di luar rumah, sebaiknya memperhatikan intensitasnya. Untuk tingkat intensitas ringan, kata Reisa, sebaiknya tetap memakai masker dan menjaga jarak aman.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro memberikan kiat untuk mengisi libur panjang di akhir Oktober. Salah satunya mengikuti tur virtual atau membersihkan rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News