Kilang Pertamina Cilacap Raih Sertifikat ISO 50001:2018

Kilang Pertamina Cilacap Raih Sertifikat ISO 50001:2018
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Jawa Tengah, meraih sertifikat ISO 50001:2018. Foto: Pertamina

jpnn.com, CILACAP - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Jawa Tengah, meraih sertifikat ISO 50001:2018.

"Tentang sistem manajemen energi," kata General Manager Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap Eko Sunarno.

Eko mengatakan sertifikasi internasional tersebut diraih setelah KPI Unit Cilacap menjalani dua tahapan audit oleh TUV SUD Indonesia pada Juli dan Agustus 2021.

"Efisiensi energi menjadi salah satu usaha menekan biaya operasi, di mana 62 persen biaya pengolahan dari suatu kilang untuk konsumsi energi. Performa efisiensi energi menjadi salah satu parameter key performance indicator (KPI) perusahaan, yaitu Energy Intensity Index (EII)," katanya Eko.

Menurut dia, ISO 50001 merupakan standar yang digunakan untuk mengelola kinerja energi dengan pendekatan model sistem siklus Plan, Do, Check, Action (PDCA).

Sertifikasi tersebut, kata Eko, memberikan manfaat berkelanjutan untuk peningkatan energy performance and environmental value bagi perusahaan.

"Keberhasilan ini melengkapi sistem manajemen yang telah ditetapkan, sehingga bisa meningkatkan pengelolaan energi lebih baik," kata Eko.

Sebelumnya Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian ESDM dan United Nations Development Program (UNDP)-MTRE3 Project bekerja sama program pendampingan dan Sertifikasi Sistem Manajemen Energi ISO 50001 bagi perusahaan terpilih.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Jawa Tengah, meraih sertifikat ISO 50001:2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News