JPNN.com

KIM Kominfo Terdepan dalam Mengedukasi Warga jadi Pemilih Cerdas

Rabu, 25 November 2020 – 21:42 WIB
KIM Kominfo Terdepan dalam Mengedukasi Warga jadi Pemilih Cerdas - JPNN.com
Kominfo bersama KPU menggelar diskusi Pemilihan Serentak 2020. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi salah satu mitra strategis pemerintah yang berperan sebagai motor penggerak untuk mengedukasi masyarakat agar tetap berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pemilihan Serentak 2020 dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19 hingga ke seluruh pelosok negeri.

Dalam Pemilihan di masa pandemi, pemerintah memang mengoptimalkan sosialisasi lewat media digital. Namun tidak semua wilayah di Indonesia memiliki akses internet yang memadai.

Misal di wilayah Indonesia bagian timur yang masih terkendala jaringan, sehingga sosialisasi lewat media digital belum bisa dilakukan denhan optimal. Di sini peran KIM sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi langsung dengan warga dengan berbagai media yang sesuai dengan kearifan lokal, seperti rembug warga atau kegiatan sosial lainnya.

KPU kemudian mengeluarkan aturan khusus untuk setiap pelaksanaan tahapan Pemilihan, disesuaikan dengan situasi kenormalan baru.

Pemerintah pun mendukung setiap langkah penyesuaian dalam tahapan Pemilihan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap keamanan rakyat.

“Keselamatan dan kesehatan msayarakat adalah segala-galanya untuk itu pelaksanaan Pemilihan Serentak. Penerapan potokol kesehatan yang ketat juga menjaga kualitas dan kedewasaan demokras,” ujar Plt. Direktur Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Bambang Gunawan.

Tugas Kominfo, lanjutnya adalah menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menentukan masa depan pembangunan daerahnya dengan tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

Tugas ini dapat terwujud jika didukung oleh berbagai stakeholder, atau mitra strategi termasuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai mitra Kominfo dalam sosialisasi Pemilihan Serentak 2020.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy