Kinerja Pelindo Makin Moncer, Arus Peti Kemas hingga Penumpang Meningkat

Kinerja Pelindo Makin Moncer, Arus Peti Kemas hingga Penumpang Meningkat
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus berbenah dalam perbaikan layanan pelabuhan pascamerger pada tahun lalu. Foto: Dok Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus berbenah dalam perbaikan layanan pelabuhan pascamerger pada tahun lalu.

Direktur Utama Pelindo, Arif Suhartono menyatakan perbaikan dilakukan untuk mendorong transformasi baik di dalam diri Perseroan maupun perekonomian nasional.

Hasilnya, kata dia, Pelindo berhasil membukukan tren positif pada kinerja operasional pada Triwulan III 2022.

Arus peti kemas mencapai 12,8 juta TEUS atau meningkat sebesar dua persen dibandingkan periode yang sama 2021. Demikian juga arus barang yang terealisasi sebesar 116 juta Ton, tumbuh enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Di sisi lain, untuk arus kapal yang keluar masuk pelabuhan mencapai 882 juta GT atau tumbuh satu persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Arus penumpang mencapai 10.9 juta orang atau meningkat 98 persen dibandingkan tahun sebelumnya, adapun pelonggaran kebijakan pembatasan mobilisasi masyarakat menjadi faktor utama peningkatan arus penumpang ini.

"Transformasi dan peningkatan pelayanan yang secara kontinyu diharapkan menjadi tren positif kinerja Pelindo, sehingga terus berlanjut dan dapat target perusahaan yang telah ditetapkan hingga akhir 2022 dapat terpenuhi,” kata

Menurutnya, hasil dari transformasi Pelindo terlihat dari peningkatan kinerja dan produktivitas bongkar muat peti kemas di sejumlah terminal peti kemas.

Ada peningkatan produktivitas bongkar muat diukur dengan parameter boks per kapal per jam (BSH) dan pengurangan port stay atau waktu sandar kapal di pelabuhan yang diukur dengan jumlah hari.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo terus berbenah dalam perbaikan layanan pelabuhan pascamerger pada tahun lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News