Kini Akses Transportasi ke Pulau Anambas Makin Mudah

Kini Akses Transportasi ke Pulau Anambas Makin Mudah
Bandara Letung di Kepulauan Anambas. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com - jpnn.com - Bandara Letung di Kepulauan Anambas siap menjadi pintu gerbang dan mempermudah akses transportasi.

Bandara yang mulai dibangun pada Juli 2014 tersebut saat ini sudah mulai dioperasikan.

Beberapa waktu Lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembukaan dan pengoperasian bandara-bandara baru ini sebagai wujud dari Nawa Cita Presiden Joko Widodo. .

"Selain itu ada juga fungsi lain, yaitu membuka keterisolasian masyarakat di wilayah kepulauan, menjaga pertahanan dan keamanan NKRI, membuka perekonomian dan fungsi kemanusiaan," ujar Budi dalam siaran persnya, Senin (27/2).

Bandara Letung sudah mulai dioperasikan pada 22 November 2016. Penerbangan perdana dengan menggunakan pesawat Dornier 228 oleh maskapai Susi Air.

Tahun ini Susi Air sedang melakukan persiapan penerbangan kembali satu kali seminggu. Selain itu, landasan pacu bandara juga telah berhasil diujicoba untuk operasional pesawat Kingair Beechcraft pada 11 Februari 2017 dan pesawat Cessna Grand Caravan pada 17 Februari lalu.

Bandara Letung mempunyai ukuran landas pacu 1200 m x 30 m dan taxiway 125 m x 15 m serta apron 70 m x 125 m.

Menurut Satuan Pelaksanan Bandara Letung Ariadi Widiawan, landasan pacu bisa diperpanjang sampai dengan 1430 m, sehingga bisa mengakomodasi operasional pesawat ATR 72 yang lebih besar.

Bandara Letung di Kepulauan Anambas siap menjadi pintu gerbang dan mempermudah akses transportasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News