Tahun ini, Alokasi Angkutan Motor Gratis Naik 14 Persen

Tahun ini, Alokasi Angkutan Motor Gratis Naik 14 Persen
Masyarakat mengantre mendaftar angkutan mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan angkutan motor gratis 2017.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono mengatakan, tahun ini alokasi peserta motis mengalami kenaikan 14 persen dibandingkan tahun lalu.

"Pada 2016 lalu, alokasi peserta motis sebanyak 15.834 pendaftar dengan motor, sedangkan 2017 ini mengalami kenaikan menjadi 18.096 pendaftar dengan motor," ujar Prasetyo.

Selain peningkatan pada alokasi motor yang akan diangkut, ada beberapa perubahan yang dilaksanakan Kementerian Perhubungan pada Pelaksanaan Penyelenggaraan Motis 2017.

Salah satunya yakni jumlah stasiun pemberhentian ditambah menjadi 35 dari sebelumnya hanya 21 stasiun.

Kemudian penambahan lintas pelayanan juga ditambah, sepert Lintas Selatan I, pada tahun lalu lintas Jakarta Gudang – Kutoarjo, tahun ini menjadi lintas Jakarta Gudang – Bandung – Kutoarjo.

"Jumlah kereta bagasi atau barang, tahun lalu ada lima rangkaian KA, sedangkan tahun ini ada 6 rangkaian KA, masing-masing KA terdiri atas 8 Rangkaian Bagasi + 1 Pembangkit," jelas dia.

Selain itu, untuk pemantuan pelaksanaan kegiatan Motis 2017 akan menggunakan barcode yang terintegrasi dengan website mudikgratis.dephub.go.id, sedangkan tahun lalu masih dilakukan secara manual.(chi/jpnn)


Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan angkutan motor gratis 2017.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News